Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Senin, 08 Juli 2019

Sedikit tapi terus menerus


Sedikit tapi terus menerus




~~~~~

Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang paling langgeng (terus menerus) walaupun itu sedikit.” [HR. Muslim]

Di dalam hadits diatas terdapat pelajaran amalan sunnah/ibadah sunnah yang dicintai oleh Allah, adalah ibadah sunnah yang dilakukan secara kontinyu walaupun sedikit. Adapun ibadah wajib, merupakan ibadah yang mau nggak mau harus dilaksanakan secara kontinyu.

Seandainya ada seorang muslim, dia mampunya sholat tahajjud dua rokaat dan witir satu rokaat, tapi dilakukan tiap malam, hal itu lebih utama dan lebih dicintai oleh Allah, dibandingkan seseorang sholat tahajjud delapan roka'at dan witir tiga roka'at, tapi dilakukan seminggu atau sebulan sekali.

Seandainya ada seseorang puasa ayyamul  bidl setiap bulan hijriah (kontinyu) lebih dicintai oleh Allah, dibandingkan seseorang puasa  Daud atau puasa senin kamis, tapi tidak rutin.

Sedekah yang dicintai oleh Allah, adalah sedekah yang sedikit tapi kontinyu.

Bacaan alqur'an yang dicintai oleh Allah adalah bacaan alqur'an yang sedikit tapi kontinyu.

>> pas lagi semangat tambahi volume ibadah.

Terkadang seseorang merasakan imannya sedang naik, dia meraskan lezatnya ibadah, maka dalam keadaan seperti ini, hendaknya dia gunakan untuk menambahi volume/kuantitas ibadahnya. Misalnya, seseorang rutin baca alqur'an dua lembar tiap harinya. Disaat semangat baca alqur'an meningkat, Di bisa memperbanyak bacaan alqur'an nya sampai empat atau enam lembar.

>> tambahi nominal sedekah ketika rezeki bertambah

Misal : Seseorang rutin sedekah lima puluh ribu setiap pekan, ini adalah amalan yang dicintai oleh Allah, ketika orang tersebut mendapatkan rezeki lebih, rezeki yang tidak terduga, maka alangkah baiknya seandainya orang tersebut menambahi nominal sedekahnya.

Intinya, seorang muslim perlu antusias, perlu komitmen untuk menjaga langgengnya ibadah sunnahnya.

Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

KELAS 4 HAL 48 - 51

 KAIDAH KATA TUNJUK DEKAT SILAHKAN KLIK ......