الْمَصْدَرُ
DEFENISI MASDAR
Secara bahasa, masdar berarti sumber
atau asal. Karena, menurut sebagian ulama nahwu masdar merupakan
asal isim-isim musytaq; Fi’il madhi terjadi dari masdar.
Madhi mazid berasaal dari mujarradnya. Mudhari’ berasal dari madhi, dan
majhulnya berasal dari ma’lumnya. Seluruh isim musytaq berasal dari mudhari’
ma’lum kecuali isim maf’ul, karena ia berasal dari fi’il mudhari’ majhul. Adapun
masdar di atas tsulasi, ia berasal dari fi’il madhi secara lafzhi tetapi
maknanya berasal dari masdar tsulasi.
Adapun secara istilah,
yang dimaksud dengan masdar adalah isim ma’na yang mengandung makna perbuatan yang tidak
memiliki masa, tempat, dan zat. Dalam defenisi Arabnya kira-kira
seperti berikut:
المصدر هو ما دل على معنى او حدث مجرد من الزمان والمكان
و الذات
Contoh:
· أَحْمَدُ يَقْرَأُ اْلقُرْآنَ , قِرَاءَتُهُ
جَيِّدَةٌ
Artinya: “ Ahmad sedang membaca Al-Quran, bacaannya
bagus.
Kata “ قراءة “ (bacaan) merupakan
masdar, mengandung makna perbuatan (membaca), namun (1) tidak memiliki masa
(telah atau sedang) terjadinya perbuatan tersebut; (2) tidak menunjukkan tempat
terjadinya perbuatan; dan (3) tidak memiliki zat, tidak berbentuk, atau
sifatnya abstrak.
Sebagaimana
dijelaskan bahwa masdar disebut juga isim makna ( اسم المعنى ) yaitu isim yang menunjukkan makna yang sunyi dari
zaman/waktu (terjadinya perbuatan). Itulah yang membedakannya dengan fi’il; fi’il
mengandung dua hal, yaitu perbuatan dan waktu terjadinya perbuatan . Di dalam
bahasa Indonesia disebut dengan kata benda abstrak, seperti kata “ bacaan ( قِرَاءَةٌ ) dan pertolongan ( نَصْرٌ ).
Demikian juga, bahwa dalam
bahasa Indonesia masdar juga bisa diartikan dengan arti kata kerjanya. Seperti:
· يَجِبُ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ قِرَاءَةُ اْلقُرْآنِ
Artinya : Setiap Muslim harus membaca al-Quran. Kata
“ قراءة “ diartikan
dengan makna “ membaca “.
MACAM-MACAM MASDAR
Ada
enam bentuk macam masdar, yaitu: (1) Masdar asli ( المصدر الأصلي ),(2) Masdar ta’kid (مصدر التأكيد), (3) Masdar marrah ( مصدر المرة ), (4) Masdar nau’(مصدر النوع ), (5) Masdar mimi ( المصدر الميمي ), (6) Masdar sina’i ( المصدرالصناعي ).
Berikut ini
penjelasannya :
1. Masdar
asli
Masdar asli adalah
masdar yang hakiki , tidak dimulai dengan mim zaidah, di akhirnya
tidak ada ya musyaddadah yang setelahnya ta’ marbuthah, contoh:
· عِلْمٌ , عَدْلٌ , جُلُوْسٌ .
Termasuk ke dalam
masdar ashly yaitu; masdar yang menunjukkan bilangan perbuatan yang dilakukan,
dan dikenal dengan istilah isim marrah (اسم المرة);masdar
yang menunjukkan bagaimana cara terjadinya perbuatan yang disebut
dengan masdar nau’ (مصدر النوع).
2. Masdar ta’kid
Yaitu masdar yang berfungsi sebagai taukid (penguat)
perbuatan yang dilakukan, contoh :
· أَكْرَمْتُ اْلأًسْتَاذَ اِكْرَامًا saya
sangat menghormati ustaz itu.
· ضَرَبَ الرِجَالُ الِلصَ ضَرْبًا Laki-laki itu
betul-betul telah memukul pencuri itu.
Adapun struktur masdar ta’kid ini sebagaimana adanya
(masdar asli), hanya saja masdar tersebut difungsikan sebagai ta’kid.
3. Masdar marrah
Yaitu masdar yang berfungsi menjelaskan jumlah
perbuatan yang dilakukan. Oleh karena itu disebut juga dengan masdar
‘adad (مصدر العدد ). Contoh :
· طَوَفْتُهُ تَطْوِيْفَةً وَاحِدَةً saya mengitarinya satu kali putaran
· ضَرَبَ الرَجُلُ كَلْبَهُ ضَرْبَةً Lelaki itu
memukul anjingnya satu kali
Masdar marrah
terbentuk dari fi’il madhi tsulasy ma’lum dan ghair
tsulasy;pertama, dibentuk dengan wazan “ فَـَعْلـَة “ dengan menambahkan ta’ di akhirnya. Seperti fi’il
“ ضَـَرَبَ “ maka masdar
marrahnya adalah “ ضـَرْبـَة “,
dan fi’il “ سَعَى “ masdar
marrahnya adalah “ سـَعْيـَة “. Kedua, masdar
marrah dibentuk dari fi’il ghair tsulasi dengan wazan masdar fi’ilnya, dengan
menambahkan ta’ di akhirnya. Seperti fi’il “ كـَبَّرَ “ masdar aslinya adalah“ تـَكـْبِيْراً “ maka marrahnya
adalah “تـَكـْبـِيْرَة “.
Apabila masdar asli
berakhir dengan ta’ pada asalnya, agar menunjukkan marrah, maka harus disifati
dengan kata “ وَاحِدَة “.
Seperti fi’il “ رَحِمَ “ masdar aslinya adalah “ رَحـْمَة “
maka masdar marrahnya adalah “ رَحـْمَة وَاحِدَة “.
4. Masdar
nau’
Disebut juga dengan
masdar hai’ah ( الهيئة اسم) yaitu masdar yang berfungsi
menjelaskan bentuk perbuatan dan sifatnya ketika terjadinya perbuatan tersebut.
Contoh :
· نَظَرْتُ اِلَيْهِ نِظْرَةَ اْلمَحَب Saya melihatnya dengan
pandangan cinta
· جَلَسَ مَحمود جٍلْسَةَ الْغَنِي Mahmud duduk seperti
duduk orang kaya
Masdar yang mengandung ma’na hai’ah haruslah
dengan qarinah, baik dengan sifat atau diidhafahkan. Seperti
pada contoh di atas, maka kata “اْلمَحَب “ dan “ الْغَنِي “ adalah qarinahnya.
Isim hai’ah terjadi dari fi’il
madhi tsulasy dan ghair tsulasy:
· Isim
hai’ah yang terbentuk dari fi’il madhi ma’lum berwazankan “ فـِعْلـَةٌ “
(dengan mengkasrahkan awalnya dan menambahkan ta’ diakhirnya). Seperti fi’il “ جَلَـَسَ “ isim hai’ahnya menjadi
“ جِلـْسَة“.
· Isim
hai’ah dari ghair tsulasi yang dibentuk dari fi’il madhi ma’lum
berwazankan masdar fi’ilnya, dan diakhiri dengan ta’. Seperti fi’il “ اِنـْطـَلـَق “ maka isim hai’ahnya adalah “ اِنـْطِلَاقَـَة “.
Apabila masdar asli
berakhir dengan huruf ta’ pada asalnya, baik tsulasy maupun ghair tsulasy, maka
ia sebagaimana adanya dengan diiringi oleh sifat atau diidhafahkan. Seperti
fi’il “ سَاهَمَ “ masdar
aslinya adalah “ مُسَاهَمَة “. Maka ia akan
menjadi masdar hai’ah ketika diiringkan dengan sifat, seperti “ مُسَاهَمَة طَـَيِّبَة “ atau
diidhafahkan, seperti “ مُسَاهـَمَة
الأشْرَافِ “. Hal tersebut adalah untuk membedakannya dengan
masdar asli.
5. Masdar
Mimi
yaitu masdar yang
dibentuk dari fi’il, yang dimulai dengan mim zaidah dengan ketentuan sebagai
berikut:
·Apabila fi’ilnya
tsulasy dari fi’il bina mitsal yang dihazafkan fa’ fi’ilnya pada fi’il
mudhari’, seperti pada kata “ وَعَدَ -
يَعِدُ “ dan “ وَقـَعَ – يـَقـَعُ “, maka masdar mimynya dengan
wazan “ مَفـْعـِلٌ “
. Dengan demikian, masdar mimy
dari ““ وعد - يعد “
dan “ وقع
- يقع “ adalah “ مَوْعِدٌ dan مَوْقـِعٌ “ .
Selain ketentuan di
atas, maka masdar mimy dari fi’il tsulasy adalah atas wazan “ مَفـْعَلٌ “, Seperti pada fi’il
“ ضرب “ dan “ نصر “ maka masdar mimynya adalah “ مَضْـْرَب dan مَنـْصَر “ . Namun, terkadang masdar mimy
tersebut ditambah ta’ marbuthah di akhirnya, seperti “ مَحَبَّة ، مَعْلـَمَة ، مَنـْفـَرَة “.
6. Masdar
sina’i
Yaitu masdar yang
diakhirnya ditambah dua hal; pertama, ya al-musyaddadah; kedua,
setelahnya ditambah ta’ marbuthah. Gunanya adalah untuk merubahnya dari makna aslinya
menjadi sifat. Contoh:
Kata إِنْسَانٌ artinya manusia, menjadi إِنْسَانِيَة artinya menjadi kemanusiaan.
Kata وَطَنٌ artinya Negara, menjadi وَطَنِيَةٌ artinya menjadi kenegaraan.
Masdar shina’i bisa
dibentuk dari :
1. isim
jamid
Contoh: kata
“ حجر “ menjadi “ حجرية “ dan “ ثلج “ menjadi “ ثلجية “
2. masdar
seperti kata “ همج “ menjadi
“ همجية “ dan “ وحش “ menjadi “ وحشية “isim musytaq seperti kata
“ عالم “ menjadi
“ عالمية “ dan
“ منصور “ menjadi
“ منصورية “.
WAZAN-WAZAN MASDAR
1. Wazan Masdar Tsulasi
Masdar tsulasi banyak sekali dan beragam. Untuk
mengetahuinya haruslah merujuk ke kitab-kitab berbahasa Arab atau ke
kamus-kamus bahasa Arab. Tetapi kebanyakan dapat diketahui dari
ketentuan-ketentuan berikut:
a. Apabila fi’il
madhinya sulasi muta’addy yang tidak menunjukkan
makna صناعة ( membuat )
maka masdarnya dengan wazan فَعْلٌ .
Contonya :
Kata “ أَخَذَ “ (mengambil) maka
masdarnya أَخْذًا , فَتَحَ (membuka) maka masdarnya فَتْحًا , سَمِعَ (mendengar) maka
masdarnya سَمْعًا , dan
seterusnya.
b. Jika
ia menunjukkan صناعة (membuat) maka
masdarnya biasanya dengan wazan فِعَالَة .
Contohnya:
Kata “حَاكَ “ (menenun) maka
masdarnya حِيَاكَة , خَاطَ ( menjahit ) masdarnya خِيَاطَة , صَاغَ (
membentuk ) masdarnya صِيَاغَة ,
dan seterusnya.
c. Apabila
fi’il madhinya tsulasi lazim yang ‘ain fi’ilnya kasrah dan maknanya tidak
menunjukkan لَوْنُ (warna), مُعَالَجَة ( berobat ) , atau makna yang tetap
maka masdarnya adalah dengan wazan فَعَلٌ .
Contohnya:
Kata “ تَعِبَ “ (letih) masdarnya تَعَبًا , جَزِعَ ( bersedih ) masdarnya جَزَعًا , أَسِفَ ( berduka cita )
masdarnya أَسَفًا , dan lain-lain.
d. Jika
ia menunjukkan maknaلون (warna)
maka biasanya masdar dengan wazan فُعْلَة .
Contohnya:
Kata “ سَمِرَ “ ( coklat ) masdarnya سُمْرَة , “ خَضِرَ “
(Hijau) masdarnya خًضْرَةٌ .
e. Jika ia menunjukkan مُعَالَجَة ( ) maka masdarnya dengan wazan فُعُوْل .
Contoh:
Kata “ قَدِمَ “ (datang) masdarnya قُدُوْمًا , صَعِدَ (naik) صُعُوْدًا masdarnya , لَصٍقَ( melekat )
masdarnya لُصُوْقًا , dan sebagainya.
f. Jika
ia menunjukkan makna yang tetap maka masdar qiyasinya adalah dengan فَعُوْلَة .
Contohnya: يَبِسَ ( Kering )
masdarnya يُبُوْسًا .
g. Apabila
fi’il madhi tsulasi lazim yang ‘ain fi’ilnya fathah, terjadi dari fi’il shahih,
tidak menunjukkan اباء و امتناع (enggan
dan larangan), tidak menunjukkan اهْتٍزَاز ( berguncang ), تَنَقًل (berpindah ), حَرَكَة مُتَقَلِبَة (harkat berubah-rubah), مَرَض (sakit), سَيْر (jalan), صَوْت (suara), او وِلَاَية حِرْفَة , maka
masdarnya adalah dengan wazan فُعُوْلٌ .
Contoh:
Kata قَعَدَ (duduk) masdarnya قُعُوْد , سجد (sujud) masdarnya سُجُوْدًا , رَكَعَ(ruku’) masdarnya رُكُوْعًا , خَضَعَ (tunduk)
masdarnya خُضُوْعًا , dan seterusnya.
h. Jika
fi’ilnya mu’tal ‘ain maka biasanya masdarnya dengan wazan فَعْل .
Contoh:
Kata نام (tidur) masdarnya نوم , صام (puasa) masdarnya صوم
Di bawah ini, dikemukakan
berbagai contoh masdar dari fi’il tsulasy dari berbagai aspeknya.
· Masdar fi’il tsulasy ditinjau
dari segi dalalah-nya:
Fi’il Madhi
|
Fi’il Mudhari’
|
Masdarnya
|
Maknanya
|
Wazannya
|
Dalalahnya
|
زَرَعَ
|
يَزْرَعُ
|
زِرَاعَة
|
pertanian
|
فِعَالَة
|
حِرْفَة
|
نَبَحَ
|
يَنْبَحُ
|
نُبَاحٌ
|
gonggongan
|
فُعَال
|
صَوْتٌ
|
صَهَلَ
|
يَصْهَلُ
|
صَهِيْلٌ
|
Ringkikan
|
فَعِيْلٌ
|
صوت
|
زُكِم
|
يُزْكَمُ
|
زُكَامٌ
|
pilek
|
فُعَالٌ
|
مرض
|
جَمَحَ
|
يَجْمَحُ
|
جِمَاحٌ
|
Mogok
|
فِعَالٌ
|
امتناع
|
غَلىَ
|
يَغْلِى
|
غَلْيَانًا
|
Mendidih
|
فَعْلَانٌ
|
اضطراب
|
حَمُرَ
|
يَحْمُرُ
|
حُمْرَةٌ
|
Merah
|
فُعْلَةٌ
|
لون
|
رَحَلَ
|
يَرْحَلُ
|
رَحِيْلٌ
|
keberangkatan
|
فَعِيْلٌ
|
سير
|
· Masdar fi’il tsulasy ditinjau
dari segi lazim dan muta’addy-nya
Madhi
|
Mudhari’
|
Masdar
|
Makna
|
Wazan
|
Lazim/
Muta’addy
|
سَهُلَ
|
يَسْهُلُ
|
سُهُوْلَة
|
Mudah
|
فُعُوْلَة
|
لازم
|
فَصُحَ
|
يَفْصُحُ
|
فَصَاحَة
|
Fasih
|
فَعَالَة
|
لازم
|
كرُم
|
يَكْرُم
|
كَرَمٌ
|
Mulia
|
فَعَلٌ
|
لازم
|
فَرِحَ
|
يَفْرَح
|
فَرَحٌ
|
Gembira
|
فَعَلٌ
|
لازم
|
قَعَدَ
|
يَقْعُد
|
قُعُوْدٌ
|
Duduk
|
فُعُوْلٌ
|
لازم
|
كَسِبَ
|
يَكْسَبُ
|
كَسْبٌ
|
Usaha
|
فَعْلٌ
|
متعد
|
فَهِم
|
يَفْهَمُ
|
فَهْمٌ
|
Paham
|
فَعْلٌ
|
متعد
|
· Masdar fi’il tsulasy yang
sifatnya sima’iy
Fi’il
|
Masdar
|
Arti
|
Fi’il
|
masdar
|
Arti
|
شَرِب
|
شُرْبٌ
|
Minuman
|
زَهَدَ
|
زَهَادَة
|
kesungguhan
|
نَشَدَ
|
نِشْدَةٌ
|
Nyanyian
|
كرِهَ
|
كَرَاهِيَةٌ
|
kebencian
|
ذَكَـَرَ
|
ذِكْرَى
|
Peringatan
|
وَجَف
|
وَجِيْف
|
Bergoyang
|
غَفَرَ
|
غُفْرَانٌ
|
Ampunan
|
بَانَ
|
بَيْنُوْنَة
|
perantara
|
صَغُـُرَ
|
صِغَـَر
|
Kecil
|
كَـَـرَّ
|
تِكْـْرَارٌ
|
pengulangan
|
سَرَقَ
|
سَرِقَـَة
|
Curian
|
جَبَرَ
|
جَبَرُوْت
|
kekuasaan
|
سَألَ
|
سُؤَالٌ
|
Pertanyaan
|
رَحِمَ
|
رَحْمَةٌ
|
rahmat
|
بَغَـَى
|
بُغَـَايَةٌ
|
durhaka
|
دَعَا
|
دَعْوَةٌ
|
Panggilan
|
دَخَلَ
|
دُخُوْلٌ
|
Masuk
|
ذَابَ
|
ذَوَبَانٌ
|
meleleh
|
ضَـرَّ
|
ضَـرُوْرَة
|
bahaya
|
كـَذَبَ
|
كـَذِبٌ
|
Dusta
|
بَشَرَ
|
بُشْرَى
|
Kabar gembira
|
غَـَلَـَبَ
|
غَـَلَـَبَة
|
mengatasi
|
مَسَّ
|
مَسِيْسٌ
|
sentuhan
|
صَرَفَ
|
صِرَافٌ
|
membelanjakan
|
قـَتـَل
|
قـَتـْلٌ
|
Peperangan
|
دَرَى
|
دِرَايَة
|
mengetahui
|
كـَدُرَ
|
كـُدْرَةٌ
|
Keruh
|
قـَبـِلَ
|
قُـَبُوْل
|
penerimaan
|
حَرَمَ
|
حِرْمَان
|
Keharaman
|
صَهُبَ
|
صُهُوْبٌ
|
pirang
|
طـَلَـَبَ
|
طـَلـَبٌ
|
tuntutan
|
ساد
|
سُوْدَدٌ
|
|
هَدَى
|
هُدَى
|
petunjuk
|
بان
|
تِبْيَانٌ
|
penjelasan
|
2. Wazan Masdar Ghair Tsulasy
a. Masdar Fi’il Ruba’i
Masdar-masdar fi’il ruba’iy sifat qiyasiy, antara satu
dengan yang lain berbeda sesuai dengan bentuk fi’ilnya.
· Apabila
fi’ilnya berwazan أفعل maka masdarnya
berwazan إفعال .
Contoh:
أكرم masdarnya إكرام
أدخلMasdarnya إدخال
أخرج Masdarnya إخراج
· Jika
fa’ fi’ilnya waw maka wawnya diganti dengan ya’ ketika masdar.
Contoh:
أوضح masdarnya إيضاح
أوعد Masdarnya إيعاد
أورد Masdarnya إيراد
· Jika
fi’ilnya mu’tal ‘ain maka masdarnya dengan mengkasrahkan awal dan menambahkan
ta’ marbuthah di akhirnya.
Contoh:
أعاد Masdarnya إعادة
أقام Masdarnya إقامة
أناب Masdarnya إنابة
· Apabila fi’ilnya
berwazankan فَعَّلَ maka masdarnya berwazankan تـَفْعـِيْلٌ .
Contoh:
حَسَّنَMasdarnya تَحْسِيْنٌ
نـَبَّهَ Masdarnya تـَنـْبـِيْهٌ
جَرَّدَ Masdarnya تَجْرِيْدٌ
· Jika fi’ilnya mu’tal
akhir/mu’tal lam maka masdarnya berwazankan تـَفـْعِلـَةٌ.
Contoh:
رَبَّى Masdarnya تَرْبَـِيَة
قَوَّى Masdarnya تـَقْوِيَة
زَكـَّى Masdarnya تَزْكَـِيَة
· Jika fi’ilnya mahmuz akhir
(akhir fi’il hamzah) maka masdarnya berwazankan تـَفـْعـِيْل atau تـَفـْعِلـَة .
Contoh:
خَطّـَّأ Masdarnya تخطيأ atau تخطئة
جَزَّأ Masdarnya تجزيئ atau تجزئة
· Apabila fi’ilnya berwazankan
“ فَـَاعـَلَ “ maka masdarnya berwazankan “ فِعَال “ atau
“ مُفـَاعَلـَة “ .
Contoh:
قـَاتـَل Masdarnya قـِتَـَالٌ atau مُقـاتـَل
حَاسَبَ Masdarnya حِسَابٌ atau مُحَاسَبَة
· Apabila fi’ilnya berwazankan
“ فـَعْلـَلَ “ maka masdarnya berwazankanفـَعْلـَلـَة atau فِعْلَالٌ .
Contoh:
زَخْرَفَ Masdarnya زِخْرَافٌ atau زَخْرَفـَة
زلزل Masdarnya زِلـْزَال atau زَلـْزَلـَة
b. Masdar fi’il khumasy dan
sudasy
Sifat masdar khumasy dan sudasy adalah
qiyasiyah. Ada beberapa ketentuan yang harus
diperhatikan, yaitu:
· Apabila
fi’il khumasy dan sudasy dimulai dengan hamzah washal maka masdarnya
berwazankan fi’il madhinya dengan mengkasrahkan huruf ketiga dan menambahkan
alif sebelum akhir.
Seperti: fi’il “ اِجْتـَمَعَ “ maka masdarnya
“ اِجْتِمَاعٌ “ dan “ اِسْتـَقـْبَلَ “ maka
masdarnya “ اِسْتـِقـْبَال “ .
· Apabila
fi’il khumasy dan sudasy tersebut dimulai dengan ta’ tambahan maka masdarnya
berwazankan fi’il madhinya dengan mendhammahkan huruf sebelum akhir.
Seperti fi’il “ تـَقَـَدَّم “ masdarnya
“ تـَقـَدُّمٌ “ dan “ تـَدَخْرَجَ “ masdarnya “ تـَدَخْرُجٌ “.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar